Sunday, July 15, 2007

Gudang Garam International

Rokok kretek satu ini mempunyai rasa yang halus dan aroma khas, mirip mangga 'sengir'. Jika dibandingkan dengan yang lain, rasa dan aroma Gudang Garam International merupakan salah satu yang terbaik. Meski demikian, rokok ini bentuknya pendek/benteg, kurang panjang. Berbeda dengan rokok - rokok lain. Selain itu, kesannya adalah tua dan bodoh. Mengapa begitu? Coba kita lihat promosinya di beragam media. Dari dulu sampai sekarang itu - itu saja, sama sekali tidak ada citra baru yang dibangun atau dikedepankan. Sebuah kesan 'hebat' dari sudut pandang masyarakat tempo doeloe. Memelihara harimau, rajawali, hidup di perkebunan. Rasanya definisi 'hebat' itu sekarang hanya bisa ditemui di film - film india lama, film indonesia lama, dan iklan gudang garam. Di mana lagi selain itu?

Contoh jelek lain adalah dalam promo berkaitan dengan sport/bola. Coba bandingkan clip iklan nike tentang bola dengan clip iklan gudang garam tentang bola. Seperti bumi langit. Kalo iklan nike menggunakan pesepakbola beneran, menampilkan skil2 bola yang membuat kita berdecak kagum, kalo clip gudang garam adalah seorang model yang gagap bermain bola, kostumnya saja pakaian yang sama sekali tidak menggambarkan tentang sepakbola. Dan lebih parahnya, si model gagap main bola tadi dipajang di sepanjang jalan. Mungkin itu sedikit mengembalikan awareness masyarakat tentang Gudang garam dan menumbuhkan kembali keinginan membeli, tapi saya yakin pengaruhnya tidak lama, justru kesan 'bodoh' nya yang bakal berlangsung lebih lama.

Coba kita bayangkan misalkan saja Gudang Garam punya iklan tv yang menampilkan 'keahlian' bermain bola. Pasti kesannya adalah 'pintar' atau 'ahli', selain itu juga menghibur dan membuat audience berdecak kagum. Rasanya jauh lebih menarik mengkoneksikan keahlian membuat rokok dengan keahlian pesepakbola hebat dalam bermain bola dibandingkan setiap hari hanya disuguhi iklan membosankan tentang tuan tanah kadaluwarsa atau model ganteng yang berjumpalitan bersusah payah mencoba bermain bola. Orang yang paham bola juga pasti tahu, tidak ada kehebatan sama sekali di iklan bola Gudang Garam International.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...